Jumat, 27 Mei 2016

Bisnis Plan Mahasiswa Agroteknologi Universitas Bangka Belitung



BISNIS PLAN KEWIRAUSAHAAN


 



















JURUSAN AGROTEKNOLOGI

JURUSAN AGROTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN,  PERIKANAN DAN BIOLOGI
UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG
2015/2016
Bisnis Plan Cafe (Kewirausahaan)
“UBEBE CAFE”
Latar Belakang
·         What?
UBEBE CAFE adalah sebuah cafe atau warung yang didesain simple namun nyaman.  Nilai yang paling dari cafeini adalah kenyaman.
·         Who?
Bisnis ini akan dielola oleh 4 orang, diantaranya saya sendiri dan 3 orang teman saya. Untuk jumlah karyawan akan menyesuaikan seiring perkembangan bisnis ini sendiri. Semakin berkembang dan meningkatnya permintaan konsumen pada bisnis cafe ini maka kebutuhan karyawan juga secara tomatis meningkat.
·         When?
Bisnis ini ditargetkan jadi/buka pada awal bulan Januari tahun 2017 mengingat proses persiapan pembangunan dan penghijauan lingkungan sekitar cafe yang memerlukan waktu cukup lama.
·         Where?
Cafe ini akan dibangun di kawasan jalan jalur 2 yang menuju kampus terpadu Universitas Bangka Belitung.
·         Why?
Desa Balunijuk seiring waktu semakin ramai dan berkembang karena keberadaan kampus Universitas Bangka  Belitung (UBB) dan mengingat belum menjamurnya warung makan yang berbasis seperti cafe.
·         How?
Selain sebagai tempat untuk makan, cafe ini menyediakan berbagai fasilitas untuk menarik minat pengunjung, diantaranya tempat makan/bersantai dibawah pohon rindang maupun ruangan unutuk lesehan atau bersofa, area khusus pengunjung yang merokok, hotspot, tempat print, terminal untuk charger, perpustakaan mini, mushala (ruangan untuk shalat),  dan tempat parkir. Selain itu, untuk menarik minat konsumen, cafe ini menerima sistem pesan yang siap antar pada kawasan sekitar Desa Balunijuk. Waktu buka cafe ini mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 22.00 WIB.
Analisi SWOT
Strength
·         Cafe dengan menu yang bervariasi, mulai dari makanan berat, makanan ringan/cemilan, dan minuman dengan harga terjangkau bagi mahasiswa dan kalangan masyarakat.
·         Tempat dan situasi cafe yang nyaman dengan 3 pilihan, indoor, outdoor, dan smoking area serta berbagai fasilitas pendukung.
·         Lokasi tempat di pusat keramainan dan dekat dengan kos-kosan mahasiswa dan buka dari pagi hingga malam hari.
Weakness
·         Dana yang dibutuhkan untuk pengadaan sarana dan prasarana cukup besar.
·         Pada awal pembukaan perlu promosi ekstra.
Opportunity
·         Di kawasan Desa Balunijuk terutama UBB belum banyak cafe yang berdiri.
·         Bisa bekerjasama dengan kos-kosan dan warung biasa.
·         Karena berada di pusat keramaian, ada kemungkinkan pihak manajemen untuk mengadakan event-event tertentu seperti acara nonton bola bersama dan sebagainya.
Threats
·         Pada saat liburan semester/hari libur kampus, jumlah pengunjung akan berkurang secara signifikan.
·         Banyaknya warung makan yang ada di kawasan sekitar cafe akan turut memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan cafe.
·         Masih menganggap cafe adalah tempat mahal.
Pelaksanaan Bisnis
Produk
·         Makanan berat
·         Makanan ringan
·         Minuman
·         Berbagai fasilitas pelengkap
Harga
Sesuai dengan apa yang melatarbelakangi TongCrit cave yang memberikan produk dan pelayanan sesuai kantong mahasiswa. Maka harga-harga yang ditawarkan juga tidak terlalu besar. Untuk makanan berat harga dibawah Rp.15.000;  untuk makanan ringa/cemilan harga dibawah Rp.5.000; dan untuk minuman harga dibawah Rp.8,000.
Promosi
Promosi dilakukan dengan banyak cara:
·         Promosi Penjualan
·         Makanan dan minuman berdiskon untuk minggu pertama
·         pemberian vocer kepada pelanggan
·         Promosi social media
·         Brosur dan daftar harga
Proses
Untuk proses dalam penjualan, pengujung dipersilahkan memilih posisi tempat, lalu diberikan daftar menu dan  kertas pemesanan menu. Setelah itu pengunjung dipersilahkan menggunakan fasilitas yang ada dengan rentang waktu semaksimal mungkin/bebas. Setelah selesai, pengunjung membayar pada kasir sesuai menu pesanan secara tunai. Untuk sistem delivery, konsumen diminta untuk mengirimkan alamat untuk diantarkan pesanannya dan membayar setelah pesanan datang kepada karyawa cafe yang mengantar.

Adapun tujan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yaitu:
·         Sebagai tempat tongkrongan sehat dan nyaman bagi pengunjung terutama mahasiswa karena adanya hotspot, printer dan pepustakaan mini.
·         Sebagi tempat istirahat sementara bagi mahasiswa yang punya jeda kuliah.
·         Sebagai tempat untuk membuat tugas atau belajar secara individu maupun kelompok secara santai.
·         Ataupun sebagai tempat yang hanya sekedar membahas acara kampus/rapat kecil (mahasiswa, BEM, HIMA, maupun UKM) yang bersifat nonformal.
Dengan itu, diharapkan pengunjung akan betah berlama-lama di cafe ini dan memesan banyak menu makanan serta minuman serta akan berkembang pesat menjadi cafe yang lebih besar dan lebih mewah yang tentunya lebih nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar